Selasa, 31 Juli 2012

Dunia yang Berubah

Kulihat akhir-akhir ini dunia tak lagi berada pada "tempat yang seharusnya". Semakin bertambahnya zaman, ia pun ikut berubah mengikuti perubahan zaman itu. Memang, sudah seharusnya ia tidak tinggal diam pada porosnya, tetapi perubahan yang dialaminya, kupikir, terlalu pesat.

Manusia mungkin tidak menyadari adanya perubahan-perubahan itu. Hanya siklus saja yang terkadang "berbicara". Manusia hanya bisa merasakan bahwa: duniaku sedang berevolusi. Yah, evolusi mungkin satu-satunya kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan yang ada saat ini. Entah apa yang akan terjadi esok dan esoknya lagi. Yang jelas, pada zaman ini dunia sedang mengalami perubahan.

Menurut apa yang kubaca pada sebuah media cetak maupun elektronik, adanya perubahan-perubahan itu tampak pada tingkah dan perilaku manusia juga. Peradaban yang tidak lagi memperhatikan perkembangan zaman. Sehingga, apa yang seharusnya lazim dikenakan menjadi tidak lazim - atau, bahkan tidak sedap dipandang mata.

Namun, aku yakin, ada maksud-maksud tertentu di balik perkembangan zaman itu. Dunia pun, menurut sebagian orang, tak banyak mengalami perubahan. Mereka mungkin berpendapat bahwa: dunia tidak berubah, tapi zaman yang berubah. Hmm, bisa juga dibilang begitu. Apapun itu, aku berasumsi bahwa dunia tak lagi berputar pada porosnya.
Share:

2 komentar: