Learning From the Stars

Pernahkah kalian mendengar istilah seperti yang aku tulis di judul postingan ini, 'learning from the stars'? Rasanya istilah ini bukan yang pertamakalinya kalian dengar, kan? Banyak juga buku ataupun novel yang sudah menuliskannya sebagai sebuah pembelajaran.

Dalam satu kehidupan, manusia akan terus belajar dan belajar. Tak peduli berapa umurmu atau siapa kamu, dan apa statusmu. Tak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Jika kau memiliki sebagian atau remah-remah sisa waktu, gunakanlah untuk belajar. Belajar tak harus membuka buku, kan? Apapun bisa kau pelajari untuk menambah wawasan dan memperluas cara pandangmu tentang hidup yang tengah kau jalani. Dunia ini luas, dan sungguh luas. Jika pemikiranmu tidak berkembang dan cenderung stagnan, kau tidak akan bisa melihat betapa luas dunia ini dan betapa banyak bermacam-macam seni variasi hidup yang bisa kau dapatkan jika kau mau 'membuka mata lebih lebar' terhadapnya.

Pembelajaran dari Bintang. Kau tahu? Bintang itu tidak kecil seperti yang sering kau lihat dari sudut bumi yang terkecil. Namun, bintang itu besar sebesar matahari yang setiap pagi bisa kau rasakan hangatnya di permukaan kulitmu. Bahkan, matahari pun sebenarnya masuk dalam kategori 'bintang'.

Artinya, bintang yang terlihat kecil ternyata tak sekecil kelihatannya, tapi bintang memiliki peranan besar bahkan cenderung utama dalam kehidupan manusia. Sama halnya dengan manusia. Tak seharusnya manusia menganggap diri mereka kecil. Orang boleh memandang kita kecil, namun buktikan pada mereka bahwa kita tak sekecil atau seremeh yang mereka pikirkan. Buktikan pada mereka juga bahwa kita memiliki peranan besar bagi sebagian orang yang ada di sekeliling kita. Dari sanalah, maka orang akan menganggap kita sebagai 'bintang' yang kecil namun memiliki sinar yang terang-benderang.

Komentar

  1. Hihiii, benar sekali mba dhaniss....
    Kita harus jadi seperti bintang :)
    Termasuk menjadi bintang dihatinya *eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha Nuriiiii....iyaahhh, thank you yaahh buat komennya.
      Di hatinya? Haha....bisa aja kamu nih.. :p

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer