7 Spots Paling Spektakuler di Labuan Bajo

Liburan panjang akan segera tiba dan jika ditelusuri dengan lebih cermat dan seksama, Indonesia sebenarnya merupakan salah satu negara yang memiliki tujuan wisata yang paling unik dan banyak yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Biasanya sebuah tempat wisata bisa menjadi populer dan dikenal banyak orang dikarenakan informasi dari mulut ke mulut yang kemudian berkembang menjadi sebuah tujuan favorit. 

Lalu, tujuan wisata seperti apa yang cocok untuk liburan akhir tahun nanti? Bingung menentukan pilihan? Sekedar saran saja, Labuan Bajo merupakan tujuan wisata yang wajib dipertimbangkan. Mengapa demikian? Akan saya jelaskan beberapa spot menarik dari wisata Labuan Bajo dengan disertai gambar di bawah ini. 

Selain menentukan lokasi tujuan wisata, yang juga harus dipertimbangkan berikutnya adalah akomodasi perjalanan dan biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju ke sana. Tidak perlu khawatir, karena berwisata ke tempat unik dan eksotis tidak perlu biaya yang mahal. Sebagai informasi dan merujuk dari beberapa situs tentang perjalanan hemat, tiket Kalstar Airlines murah bisa segera dipesan demi mendukung liburan Anda yang mudah dan tidak ribet. Jika kali ini Anda baru mendengarnya, maka ini adalah sebuah rekomendasi dengan menggunakan Kalstar-aviation untuk berwisata. 

Bagi Anda yang masih asing, Kalstar Airlines adalah salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang melayani rute yang sebagian besar beroperasi di Kalimantan. Selain di Kalimantan, Kalstar Airlines juga menawarkan rute penerbangan ke beberapa kota lain, seperti Sulawesi, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara, Jawa, serta Jakarta. 

Maskapai penerbangan Kalstar Airlines memang masih terbilang baru. Dibentuk pada tahun 2000 yang sudah mampu membawa namanya dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan yang terdaftar dan masuk dalam kategori I (satu) mengenai mutu dan keamanan penerbangan dari Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia

Berwisata ke Labuan Bajo berarti Anda siap dimanjakan dengan berbagai spot menarik yang dijamin bisa membuat Anda lupa bahwa Anda masih berada di Indonesia. Labuan Bajo yang terletak di propinsi Nusa Tenggara Timur mungkin memang masih belum dikenal oleh masyarakat, karena sebagian besar dari mereka mengenal propinsi ini sebagai Pulau Komodo. Sebenarnya selain Pulau Komodo, masih banyak tempat-tempat spektakuler yang bisa dikunjungi dan sangat sayang jika sampai terlewat. Berikut akan saya jelaskan satu persatu tentang spot-spot tersebut. 

Spot pertama yang spektakuler dan menarik di Labuan Bajo adalah Pulau Kanawa. Pulau ini dikenal memiliki keindahan alam yang memesona yang dikelilingi oleh terumbu karang dan dihiasi pantai cantik dengan air lautnya yang berwarna biru jernih. 
Pulau Kanawa (Sumber Gambar :
http://indonesia360derajat.wordpress.
com/) 

Pulau ini memiliki luas mencapai 32 hektar dengan pelabuhan kecil di pinggir pantai yang sering digunakan untuk berlabuh oleh kapal-kapal (perahu) yang mengantar wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. 

Pulau Kanawa saat ini dikelola oleh warga Italia, sehingga untuk berkunjung ke tempat ini kita harus mengikuti prosedur yang ada, terutama untuk transportasi. Karena untuk mencapai pulau ini ada kapal-kapal khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Kapal tersebut biasanya berangkat sekitar pukul 12:00 siang hari dari Labuan Bajo dan akan kembali pukul 08:00 pagi keesokan harinya.

Loh Liang (Sumber Gambar :
http://static.panoramio.com/)
Sebelum menginjakkan kaki di Pulau Komodo, sebenarnya kita terlebih dahulu akan melewati Loh Liang. Jadi bisa dibilang, Loh Liang adalah pintu gerbang untuk masuk ke Pulau Komodo. Begitu indahnya Pulau Komodo, bahkan sebelum mencapai pulau tersebut, tepatnya di Loh liang kita sudah bisa menyaksikan keindahan alam lengkap dengan berbagai satwa maupun faunanya.

Kegiatan utama yang bisa kita lakukan di Loh Liang diantaranya adalah menjelajah dan mendaki. Untuk bisa mencapai Loh Liang, dari Labuan Bajo biasanya wisatawan akan menyewa speed boat atau kapal.

Gili Laba (Sumber Gambar :
http://indonesia-tourism.com/)
Gili Laba mungkin masih terdengar asing di telinga kita, atau malah baru pertamakali mendengarnya. Ini adalah salah satu spot spektakuler untuk tracking yang sangat menarik dan indah. Di pagi dan sore hari, Gili Laba menawarkan sunrise dan sunset yang tak kalah cantik. Sehingga, tidak heran jika banyak wisatawan yang terpesona dengan keindahannya yang akhirnya menuntun langkah mereka untuk mengunjungi tempat ini.

Selain menawarkan pemandangan alam yang cantik, Gili Laba juga melengkapi agenda liburan Anda dengan menyajikan pemandangan alam bawah laut yang bisa dijangkau dengan menyelam atau snorkeling.

Pulau Padar (Sumber Gambar :
http://krjogja.com/)

Pulau Padar berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini sebenarnya berpenghuni, hanya saja penghuninya tidak terlalu banyak. Pulau ini terlihat sangat cantik dengan kontur pulau yang berbukit-bukit dan bercabang yang semakin menambah eksotisme pulau menjadi terlihat sangat menarik dan elok.

Pulau Padar dapat dicapai dalam waktu 3,5 jam dari Labuan Bajo. Namun, jangan terlebih dahulu membayangkan lamanya perjalanan menuju ke sana yang sekilas terdengar membosankan, karena sepanjang perjalanan mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang menakjubkan.


Pantai ini dinamakan Pantai Pink karena memiliki hamparan pasir berwarna merah muda yang berasal dari fragmen-fragmen karang merah kemudian bercampur dengan pasir putih yang ada di pantai tersebut.
Pantai Pink (Sumber Gambar :
http://dailyhotel.com/)

Pantai Pink ini merupakan pantai cantik di Nusa Tenggara Timur yang tidak boleh dilewatkan, jika ingin menyaksikan keunikan dan keindahan pulau ini. Selain menyaksikan langsung pemandangan alam dan laut, sebenarnya kita juga bisa berenang, snorkeling, dan menyelam untuk mengakses terumbu karang dan biota laut.

Untuk sampai di pantai ini dari Labuan Bajo, Anda harus terlebih dahulu menuju Loh Liang. Kemudian, dari Loh Liang barulah Anda dapat mencapai Pantai Pink dengan menggunakan kapal atau speed boat.

Pantai Pede (Sumber Gambar :
http://restorasinews.com)
Tidak jauh dari Labuan Bajo terdapat sebuah pantai cantik nan indah yang juga tak kalah cantik dengan Pantai Pink bernama Pantai Pede. Lokasi pantai ini paling dekat dengan Labuan Bajo dan yang paling mudah diakses, karena selain yang terdekat yang hanya berjarak 1 kilometer, jalan aksesnya pun sudah mulus dan beraspal.

Pantai Pede memiliki pemandangan alam yang spektakuler ditambah dengan pulau-pulau kecil yang membuatnya terlihat semakin cantik. Pasir pantai ini berwarna putih bersih dengan air laut yang jernih kebiru-biruan. Para wisatawan biasanya datang ke tempat ini untuk menyaksikan sunset saat mereka menginap di Labuan Bajo.

Goa Batu Cermin (Sumber Gambar :
http://twitter.com/)

Spot spektakuler dan menarik berikutnya yang terdapat di Labuan Bajo adalah Goa Batu Cermin. Lokasinya berada sekitar 3 kilometer dari pusat kota ini. Dinamakan Goa Batu Cermin karena goa tersebut berada di Desa Batu Cermin. Keindahan dan daya tarik goa ini sendiri mungkin masih terdengar asing di telinga wisatawan. Kendati demikian, mereka yang mengunjungi Labuan Bajo biasanya akan mendapatkan informasi mengenai adanya objek wisata tersebut.

Satu hal yang unik dan menarik dari goa ini adalah terdapatnya sebuah lubang yang digunakan oleh sinar matahari untuk masuk menerobos dan memantulkan cahaya di dinding batu. Pantulan tersebut kemudian menciptakan refleksi yang tampak seolah-olah seperti sebuah cermin. Terdengar fantastis, bukan?


Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Labuan Bajo, yang takkan membuat liburan Anda terasa membosankan. Berada berlama-lama di kota ini akan membuat Anda merasa betah dan serasa melupakan rutinitas Anda sehari-hari. Liburan akan sangat bermanfaat untuk menyegarkan pikiran Anda dan sejenak melepaskan penat, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda sendiri. 

Komentar

Postingan Populer