Colorful

Sebelumnya mungkin aku tak pernah menganggap bahwa hidupku sesungguhnya berwarna, dan juga banyak kejadian lucu di dalamnya. Mungkin juga aku tak terlalu memerhatikan hidupku sendiri. Aku terlalu sibuk dengan urusanku sendiri--yang aku sendiri terkadang tidak tahu apa yang sedang ku lakukan. Pentingkah itu? Atau, seberapa penting hal itu sehingga aku sampai harus tidak memerhatikan hidupku yang sesungguhnya. 

Baiklah, aku menyalahkan diriku sendiri. Ketika sesuatu yang tak pernah kau duga sebelumnya datang menyapa hidupmu di saat kau sedang tidak siap, apa yang akan kau lakukan? Menghindar? Atau, justru terjun ke dalamnya? 

Ketika sesuatu itu adalah apa yang menjadi mimpimu yang tertunda, apa pula yang akan kau lakukan? (Masih) Tetap menghindar? Atau, (semakin) dalam untuk ingin terjun ke sana, demi menyelami apa yang terjadi seandainya kau melakukan itu?--seperti layaknya jika kau ingin bunuh diri. Seperti itukah?

Aku tak bisa mengatakan bahwa hidupku sebelumnya sungguh penuh warna. Hanya satu warna saja, mungkin. Tapi, entah mengapa kini semuanya seolah penuh warna dan aku menyukai warna-warna itu. Sungguh indah, seolah aku tak pernah melihatnya sebelumnya. Sederetan mimpi masa lalu yang sempat ku pendam, ku kubur dalam sebuah kotak besi, dan ku tanamkan dalam benakku bahwa aku menyebutnya sebagai sebuah kegagalan, kini menyeruak kembali ke permukaan. 

Seharusnya aku menelan kunci gembok itu, namun ternyata ada yang terlewat olehku. Aku tak menelannya, melainkan hanya kuletakkan di suatu tempat yang lokasinya saja sudah tak ada lagi dalam daftar ingatanku. Dan, entah apa yang terjadi kini apakah merupakan bagian dari kesalahanku karena tak menelan kunci gembok itu ataukah ada campur tangan Tuhan di dalamnya, yang jelas aku merasa sangat baik-baik saja dan aku menikmatinya sebagai sebuah anugerah yang mahaindah--meski aku tahu aku akan terluka, lebih dan lebih lagi, hingga sang waktu berkata aku tak perlu terluka lagi. 

Hingga sang waktu berkata bahwa aku tak perlu terluka lagi, selamanya...

Komentar

Postingan Populer